Latest News

Sunday, September 11, 2016

Jenis-Jenis Kandang Ternak Itik

1. Kandang Box

Kandang box dapat dibuat dari berbagai bahan seperti kayu, bambu, papan, triplex, gardus, kawat ram dan sebagainya. Kandang box digunakan untuk anak itik umur 1 hari hingga 14 hari di mana pada masa ini itik membutuhkan tempat yang hangat serta nyaman.

Kontruksi kandang box adalah sebagai berikut :

a. Kandang box dapat dibuat berbentuk empat persegi, bundar ataupun bujursangkar.

b. Ukuran kandang box dapat dibuat sesuai keinginan dan bahan yang ada. Adapun contoh ukuran kandang dapat        dibuat sebagai berikut : 1m x 2m, 1m x 1m, 1.5m x 1.5m atau 2m x 2m.

c. Tinggi kandang 1 meter dan kandang dapat dibuat bertingkat.

d. Dinding kandang diberi ventilasi, lantai kandang dibuat dari kawat ram atau bilah bambu.

e. Tempat makan dan minum dapat di letakan di luar ataupun di dalam kandang box

f.  Sumber panas diletakan di dalam kandang dan suhunya dapat diatur sesuai umur itik







2. Kandang Ren

Kandang ren adalah tipe kandang tempat pembesaran ataupun pemeliharaan induk itik, kandang dapat dibuat bertingkat ataupun lantai tanah yang dialasi litter. Litter kandang dapat menggunakan jerami, sekam padi ataupun bahan lainnya sesuai ketersediaan bahan.  Ukuran kandang dapat disesuikan dengan kondisi  dan bahan setempat dengan memperhatikan kepadatan ruang kandang dan jumlah itik yang dipelihara.


Kandang Ren

Kandang ren terbagi dalam dua bagian yaitu tempat berteduh, beristirahat ataupun sebagai tempat bertelur untuk induk petelur serta ren sebagai tempat bermain ataupun sebagai tempat makan dan minum ternak itik. Halaman kandang ren dapat pula dibuat kolam, khusus untuk itik petelur tetas di mana proses perkawinan antara itik jantan dan betina akan lebih maksimal sehingga kebutuhan telur tetas lebih terjamin.

3. Kandang Postal

Kandang postal adalah seperti gambar di bawah ini. Konstruksi kandang postal dengan dinding dari belahan-belahan bambu ataupun kawat ram ditujukan untuk sistem pemeliharan itik secara intensif.




Kandang Postal

4. Kandang Batere

Kandang batere untuk ternak itik adalah kandang yang dibuat untuk sistem pemeliharaan intensif di mana setiap ruang kandang ditempati satu ekor itik. Dengan menggunakan kandang  ini, peternak dapat mengawasi perkembangan setiap ternak baik produksi, kesehatan, pakan dan lain sebagainya.


5. Sanitasi Kandang
.
Keberhasilan dalam usaha ternak itik tidak lepas dari keadaan kandang yang bersih dan bebas dari berbagai sumber penyakit. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka perlu dilakukan program sanitasi yang meliputi pembersihan kandang dari kotoran ternak serta mencucihamakan (desinfektan) kandang dengan obat-obatan pembasmi kuman.
.
Cara melakukan desinfektan :
1. Obat pembunuh kuman dilarutkan dengan dosis 10 ml/1 liter air
2. Semprotkan campuran tersebut ke seluruh ruang kandang
3. Selanjutnya kandang dibiarkan selama seminggu
4. Apabila dianggap perlu, lakukan fumigasi (pengasapan)

No comments:

Post a Comment