Latest News

Sunday, September 11, 2016

Di dunia peternakan unggas broiler khususnya bebek pedaging,
selain faktor bibit atau kualitas dod (anak bebek) harus terjamin,
yang tidak kalah penting harus diperhatikan adalah standar pakan yang bagus juga cara pemeliharaan yang baik.


Pakan untuk bebek selain harus bagus, nutrisi komplit , mudah didapat, harga juga mesti terjangkau agar biaya pakan bisa ditekan serendah mungkin.


Menurut para ahli bidang peternakan memang kita para peternak ini dianjurkan untuk menggunakan pakan pabrikan saja yang sudah jelas dijamin kualitasnya.

Jika pakan pabrikan itu diterapkan ke bebek broiler kualitas atas, misal ke bebek jenis peking asli atau hibrida super,
semahal apa pun biaya pakan pabrikan itu memang mungkin masih bisa ada untungnya bagi peternak dari hasil panen bebek dikurangi biaya pemeliharaan, karena menang di bobot.

Tapi realita di lapangan, para peternak tidak semuanya menggunakan dod kelas atas, bahkan kebanyakan para peternak itu lebih condong memilih dod dengan harga murah semurah murahnya,
sehingga kualitas dod tidak terjamin, dan otomatis jika suatu peternakan menggunakan dod kelas murah kalau menggunakan pakan full pabrikan sudah jelas tidak akan kebagian untung bahkan bisa merugi,
dikarenakan biaya modal lebih besar membengkak dibanding hasil panen nanti nya. Ini fakta di lapangan !


Untuk menghadapi situasi seperti ini, maka sudah sekian lama para peternak bebek berusaha mencari bahan pakan pengganti pakan pabrikan yang mahal, dengan menggunakan bahan pakan alternatif lain yang lebih murah.


Banyak sekali bahan bahan pakan alternatif di sekitar kita yang bisa digunakan untuk pakan bebek pedaging,
tapi tentu nya kita harus pintar pintar memilih bahan pakan apa saja yang sekira nya bisa dan bagus diberikan untuk bebek.

Jangan sampai menggunakan pakan yang murah tapi mengesampingkan nilai gizi atau kandungan nutrisi nya.

Kita ini mesti bisa mendapat pakan yang murah tapi berkualitas.


Untuk itu kita tidak boleh asal pakai, tidak boleh sembarangan mencoba coba sendiri, tidak boleh asal menerapkan saran saran dari kabar burung yang tidak jelas.

Sebaiknya kita mending bertanya kepada para senior atau para peternak lain yang sudah lebih berpengalaman dan juga yang sudah benar benar terlihat jelas hasilnya bagus di lihat pertumbuhan bebek nya , bukan hanya teori saja .


Sepengetahuan saya pakan alternatif itu kita bisa memanfaatkan bahan bahan sisa produksi makanan atau bahan pakan afkir yang harga nya lebih murah.
Misalnya nasi aking, jagung, dedak, tepung ubi ubi an, kue afkir, dan masih banyak lagi bahan bahan makanan sisa atau hasil sortiran , jadi harga nya bisa lebih murah.

Tapi yang paling penting juga adalah bahan pakan pendongkraknya yaitu protein hewani yang bisa didapat dari ikan ikan an seperti ikan rucah, kepala udang, kepiting,bekicot, keong, dan lain lain.
Bahan pakan alternatif bisa berupa utuhan atau pun bentuk olahan seperti tepung atau cacahan.

Tapi kita juga harus hati hati dalam memilih bahan pakan karena yang nama nya sisa atau afkir an itu bisa saja mengandung jamur atau bakteri yang merugikan jika tidak pintar pintar memilih dan mengolahnya.

Takaran atau jumlah campuran dari bahan bahan pakan alternatif juga harus tepat dan seimbang,
jangan asal campur ,tapi harus sesuai standar nilai gizi yang dianjurkan untuk kebutuhan pakan bebek pedaging.


Jika kita tidak mau repot mencari atau malas mencampur, takut salah pilih atau tidak mau salah takaran dalam mengoplos , maka sebaiknya mending menggunakan pakan jadi alternatif, yaitu pakan bebek yang sudah komplit, sudah dicampur oleh produsen pakan alternatif dan harus yang sudah benar benar teruji bagus hasilnya di lapangan.


Kami sebagai peternak bebek pedaging di Majalengka, Jawa Barat, yang sudah sekian lama bergelut di dunia peternakan sudah banyak mencoba berbagai pakan alternatif dari berbagai sumber.
Sedikit banyak nya sudah pernah melihat hasilnya dari penerapan berbagai bahan pakan apa saja atau pakan jadi mana saja yang bagus , murah dan berkualitas.


Bagi para produsen pakan alternatif yang punya produk baru yang bagus, yang jelas bahan bahan nya, yang jelas kandungan nutrisi nya, ada contoh hasil uji coba penerapan di lapangan, dan jaminan kualitas produksinya
silahkan bisa menghubungi kami lewat SMS untuk menawarkan produk pakan alternatifnya kepada kami.

Kami sebagai pusat usaha perbebekan di wilayah Majalengka, Jawa Barat juga siap membantu pemasaran sehubungan kami sudah punya jaringan mitra peternak yang lumayan banyak tersebar dimana mana.


Bagi para rekan peternak maupun calon peternak baru atau pemula yang dekat ada di sekitaran sini,
silahkan bisa main langsung ke tempat kami disni untuk kita saling berbagi pengalaman soal pakan alternatif maupun tips trik cara pemeliharaan bebek pedaging yang lebih menguntungkan.

No comments:

Post a Comment