Latest News

Sunday, September 11, 2016

ITIK BALI DAN CIRI-CIRINYA

Situs-Peternakan - Itik Bali merupakan jenis Itik lokal yang unggul dijadikan sebagai penghasil telur. Sesuai dengan namanya Itik ini banyak dibudidayakan di daerah Bali dan Lombok. Namun asal usul dari mana Itik Bali diperkirakan semula berasal dari Lombok, jadi Itik ini sering disebut Itik Lombok. Itik Bali ternyata sering juga dipanggil dengan nama Itik penguin karena berjalannya seperti penguin.

Berdasarkan warnanya atau varietasnya itik Bali terdapat beberapa varietas yang sering ditemui, yaitu itik sumi (coklat kekuningan), Itik Sumbian, (coklat kekuningan dan bercak hitam), Sikep (hitam), itik selam gulai (coklat tua).

Itik Bali memiliki ciri khas dimana pada kepala terdapat jambul dan ekornya terlihat panjang dan pencuat tidak seperti kebanyak jenis-jenis itik lokal asli Indonesia. Itik Bali banyak diternakkan dibanyak daerah di Indonesia karena memiliki kemampuan beradaptasi dilingkungan baru dengan cepat. Itik Bali termasuk dalam itik unggul untuk dijadikan sebagai penghasil telur. Selain itu juga dijadikan sebagai itik hias karena bulunya terlihat indah dan mengkilap. Sedangkan di Bali Itik ini digunakan dalam acara ritual keagamaan. 

Ciri-Ciri Itik Bali Adalah : 
Warna bulu dominan putih dengan kombinasi coklat.
Tubuh relatif sedang dan terlihat tegak saat berjalan 
Jambul berwarna coklat dan putih 
Paruh dan Kaki berwarna kuning 
Telur berwarna putih 
Menghasilkan telur antara 150 � 220 butir per tahun 
Berat telur sekitar 60 gram per butir 
Bobot dewasa baik jantan dan betina berkisar 1, 6 � 2 Kg

No comments:

Post a Comment