Latest News

Sunday, September 11, 2016

Cara Praktis Merawat DOD Bebek yang Baru Menetas

Dalam penanganan anak bebek yang baru menetas atau serin di sebut DOD Bebek sagatlah perlu penanganan da perhatian ekstra, setidaknya hingga umur DOD mencapai 2 minggu. Karna jika kita salah menangani saja akan berakibat kematian.
ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan DOD Bebek mengalami kematian yaitu

Suhu Ruang Kandang yang Dingin, Menjadi faktor utama yang dapat membuat DOD Unggas mati, termasuk Anak Bebek. Tanda-tanda anak Bebek yang merasakan kedinginan adalah biasanya anak Bebek berkumpul menjadi satu dan bertumpuk-tumpuk, jika kita melihat tanda-tanda ini, segera kita harus menghangatkan ruangan kandang dengan Lampu Bohlam Pijar, yang di dekatkan ke anak Bebek atau dengan menambahkan jumlah Bohlam Lampunya.

Kandang yang Becek, karna anak Bebek suka main air, faktor satu ini bisa sanagt berbahaya karna anak bebek akan kedinginan atau mudah terjangkit penyakit, jadi kebersihan kandang harus terjaga.

Makanan Pur kususnya jangan sampai telat, minum juga penting, kalo 2 faktor ini kurang anak bebek akan mati, huduppun akan kuntet atau susah besar


Untuk Cara Praktis Penangan Anak Bebekanya bisa disimak di bawah ini,

1.  Anak Bebek berumur 0 - 7 Hari, ditempatkan di  kandang yang tertutup, bisa berupa BOX  seperti kardus yang tidak banyak berlubang. Atur suhu ruangan di kisaran 30 drajat Celcius, penghangatan dilakukan 24 jam non stop. sediakan airminum dan makanan secukupnya.

2.  Anak Bebek berumur 7 - 14 Hari, masi ditempatkan di kandang yang sama, Atur suhu 26 drajat Celcius, penghangatan dilakukan hanya dimalam hari saja. sediakan makanan yang cukup, agar gizi terpenuhi, dan sediakan minum yang cukup pula bisa ditambah dengan Vitamin. Namun perlu diperhatikan air jangan sampai membasahi lantai kandang karna bebek bisa kedinginan, ataupun terserang penyakit.

3. Anak Bebek berumur 14 - 30 Hari, pindahkan kekandang yang lebih besaran, Berikanlah penghangatan seperlunya ( jika udara dingin dan pada malam hari saja , suhu hangat saja). Pemberian makanan dan minum serta vitamin harus intensif, kara akan menentukan pertumbuhan anak bebek kedepanya, bila kurang gizi anak bebek akan kuntetan. Namun tetap diperhatikan juga lantai kandang Bebek jangan sampai becek, karna di usia segini anak bebek sudah senang bermain air di tempat minumnya.

4. Anak Bebek berumur diatas 30 Hari, pindahkan kekandang pembesaran atau bisa di umbar, difase ini kita bisa menyortir Anak Bebek untuk sesuai keperluannya, (Penggemukan, Petelor, atau di Jadikan Bibit). perawatan pun disesuaikan dengan kepentinganya. (yang pasti gizi bebek harus terpenuhi, dan jangan sampai kekurangan air).

No comments:

Post a Comment