Latest News

Monday, February 22, 2016

JENIS AYAM PEGAR ATAU PHEASANT

"JENIS AYAM PEGAR ATAU PHEASANT"

malam lagi, malam terus ya. hahaha biasa masbin kebanyakan hanya punya waktu longgar malam soalnya pagi siang sore kerja pulang sambil beternak.. kali ini masbin akan menjelaskan berbagai jenis dari ayam pegar ini, bisa dibilang ayam pegar ayam terindah dengan warna bulunya serta keunikanya.. ok langsung saja kita simak..

1. Ayam Pegar Emas / Golden Pheasant Chrysolophus pictus

Ayam pegar emas ini sangat indah warna bulunya dan berasal dari dataran China bagian barat, saat ini banyak diternakkan di  Inggris. Golden Pheasant jantan rata-rata berukuran 90-105 cm, sementara betina 60 – 80 cm.  Ayam Golden Pheasant telah dipiara di Eropa setidaknya sejak 1740 dan ayam pegar ini tercatat dalam tradisi Cina dan seni China selama berabad-abad lamanya .  Burung-burung indah adalah asli pegunungan di Cina Tengah, dan meskipun mereka cukup umum sebagai burung penangkaran, sangat sedikit yang diketahui tentang kebiasaan alami mereka. Pegar Emas menghuni habitat yang hampir tidak dapat diakses. Dipenuhi dengan vegetasi lebat, seringkali di tepian gunung berhutan dan lereng bukit yang berbahaya dan berbatu. Akibatnya, sedikit yang diketahui tentang habitat mereka, meskipun yakin bahwa mereka berbagi relung mereka dengan burung lain. Emas Pheasants cenderung agak rahasia. Mereka bisa terbang tetapi burung ini sebenarnya lebih anggun di tanah. Jantan warna-warni merata dan menyebarkan bulu yang cantik. Saat ini, banyak Emas Pheasants telah disilangkan dengan Lady Amherst Pheasants dan burung lainnya, dan mungkin sulit untuk menemukan galur murni ayam ini.

2. Ayam Pegar Lady Amherst Chrysolophus amherstiae,

Ayam pegar ini berasal dari bagian barat daya Cina dan Myanmar dan punya sebaran besar. Berkembang biak di tempat lain dan telah membentuk populasi liar mandiri di beberapa bagian Inggris berpusat di sekitar Bedfordshire.
Ukuran Jantan dewasa adalah 100-120 cm, warna jantan dengan kepala hitam dan silver, abu-abu ekor panjang dan pantat, dan merah, biru, putih dan kuning bulu tubuh.
Meskipun penampilan mencolok jantan, burung ini sangat sulit untuk dilihat di habitat alami mereka, yang padat, hutan gelap dengan belukar. makanan biji-bijian, daun dan invertebrata, tapi bertengger di pohon-pohon di malam hari. Mereka bisa terbang tetapi mereka lebih memilih untuk berjalan kayak ayam biasa, tetapi jika mereka kaget tiba-tiba bisa terbang ke atas dengan kecepatan tinggi, dengan suara sayap yang khas. Nama Lady Amherst untuk memperingati Sarah Countess Amherst, istri William Pitt Amherst, Gubernur Jenderal Bengal, yang bertanggung jawab untuk mengirimkan spesimen pertama dari burung ini ke London pada tahun 1828.

3. Ayam Pegar Perak (Silver Pheasant) Lophura nycthemera

Silver Pheasant berasal dari daerah pegunungan daratan Asia Tenggara, dan bagian selatan dan timur Cina. Populasi ayam pegar perak telah berkembang di Hawaii dan daerah lain di Amerika Serikat. Jantan memiliki pola warna hitam dan putih, sementara betina kebanyakan coklat. Baik Jantan dan betina punya kaki merah dan muka merah. Ayam pegar perak memiliki 15 subspesies dan kebanyakan dari mereka relatif berbeda.Ayam pegar perak jantan subspesies terbesar memiliki panjang total minimal 120-125 cm, dengan ekor yang dapat mencapai 30 inci (75 cm). Sedangkan yang terkecil dari subspesies ini jarang mencapai 28 inci (70 cm), dengan ekor hingga 12 inci (30 cm). Ayam Pegar Perak betina perak lebih kecil dibandingkan dengan laki-laki, yang terbesar mampu mencapai sekitar 28 inci (70 cm).Ayam Pegar Perak makan  buah-buahan dan biji-bijian, juga  memakan invertebrata. Mereka biasanya makan di pagi hari maupun di malam hari. Termasuk burung darat yang tidak suka terbang, tetapi jika terganggu akan lepas landas untuk mencapai daerah yang tersembunyi.Musim kawin bervariasi sesuai dengan kisaran. Mereka bersarang di tanah  6 hingga 9 telur. Spesies ini dikenal berkembang biak dalam kelompok kecil dan anak-anak burung perak akan menetas selama musim hujan. Penetasan di penangkaran sekitar 25-26 hari.

4. Ayam Pegar Biasa Phasianus colchicus

Salah satu subspecies dari ayam pegar biasa (common pheaant) yang banyak di budidayakan adalah ayam pegar leher kalu cina. Ciri utama dari Ayam Pegar Leher Kalung Cina adalah adanya bulu putih di lehar mirip kalung yang melingkari lehernya.

sekian dlu ya, masbin baru kurang fit hari ini..

No comments:

Post a Comment